Lowongan CPNS Kementrian Pertanian dan Kementrian Sekretariat Negara






Lowongan CPNS Kementrian Pertanian dan Kementrian Sekretariat Negara

Pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali dilakukan. Kali ini dua kementerian membuka lowongan CPNS yang jumlah totalnya hingga ratusan. Berminat?

Kementerian pertama adalah Kementerian Pertanian yang membuka formasi 695 CPNS tahun ini. CPNS tersebut akan ditempatkan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia.

Untuk setiap formasi jabatan sesuai lokasi penempatan yang dilamar, tersedia kuota formasi jabatan 1:35, dan apabila telah memenuhi kuota yang ditetapkan maka secara otomatis sistem akan terkunci.

Panitia Pengadaan CPNS Kementerian Pertanian tidak menerima surat lamaran yang diantar langsung. Pendaftaran Pelamar dapat dilakukan melalui website Kementerian Pertanian di http://cpns.deptan.go.id dalam periode pendaftaran online akan diumumkan kemudian. Untuk itu para pelamar diimbau untuk selalu memonitor menu agenda kegiatan pada website resmi pengadaan CPNS.

Bagi pelamar yang telah melakukan pendaftaran online dan telah mengisi data dengan lengkap harus mengunggah dokumen sebagai berikut :

    KTP, Ijazah, Transkrip nilai (Scan menjadi 1 file PDF).
    KTP, Ijazah dan Transkrip nilai yang telah diunggah dan diterima Panitia melalui pendaftaran online menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh Pelamar

Seluruh data pelamar yang masuk akan diseleksi secara langsung melalui proses validasi dan verifikasi database pelamar oleh panitia. Apabila ditemukan ketidakcocokan data dengan dokumen yang diunggah, maka secara langsung tidak dapat mengikuti proses selanjutnya.

Hasil validasi dan verifikasi database pelamar dapat dilihat pada website resmi Kementerian Pertanian pada 3 hari setelah pelamar mengunggah file PDF (pelamar agar selalu memantau agenda kegiatan)

Pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat harus segera mencetak kartu tes (fasilitas cetak kartu tes hanya dapat digunakan 1 (satu) kali, paling lambat 3 hari setelah pendaftaran online ditutup).

Kualifikasi pendidikan dan formasi yang tersedia dapat dilihat di sini. Namun untuk lulusan Magister Manajemen/Master atau S.2 harus memiliki Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0; untuk lulusan S.1 IPK minimal 2,75; dan untuk lulusan D3 harus memiliki IPK minimal 2,75.

Kelengkapan yang harus dibawa pada saat melakukan pengesahan Kartu Tes sebagai berikut :

    Foto terbaru (sama dengan yang ditempelkan pada kartu tes) berukuran postcard (5R) berwarna tampak muka setengah badan 2 lembar.
    Print out kartu Tes yang telah ditempeli pas foto terbaru ukuran 3x4 berwarna (2 rangkap) dan surat pernyataan bermaterai Rp. 6000,
    yang telah ditandatangani basah sebanyak 2 rangkap (printout kartu Tes dengan surat pernyataan dalam satu halaman yang sama);
    ASLI dan 1 lembar fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)/e-KTP yang masih berlaku;
    ASLI dan fotocopy ijazah dan transkrip nilai sesuai kualifikasi pendidikan yang dilamar dan telah legalisir oleh pejabat yang berwenang

Kelengkapan yang dibawa baik asli dan fotocopy pada saat melakukan pengesahan kartu Tes masing-masing disusun rapi di dalam map kertas dengan warna :

    BIRU untuk Pasca Sarjana (S2);
    KUNING untuk Sarjana (S1);
    MERAH untuk Diploma III (D3)/SM;
    HIJAU untuk SPP - SPMA/SMK Pertanian/Peternakan.

Kemudian, Kementerian Sekretariat Negara juga membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berminat menjadi CPNS untuk ditempatkan di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Lembaga Perlindungan Saksi (LPSK).

Formasi lowongan CPNS ini tersedia untuk lulusan DIII Tata Boga, Kehumasan, Sekretariat, dan Fotografi.

Adapun untuk S1 tersedia formasi untuk Sarjana Hukum, Administrasi Negara, Hubungan Internasional, Komunikasi, Seni Murni, Sastra Inggris, Sistem Informasi/Manajeman Informatika/Teknik Informatika, Ekonomi Akuntansi, Teknik Sipil, dan Ekonomi Manajemen

Untuk lulusan S2 tersedia 1 formasi bagi jurusan Sastra Inggris untuk ditempatkan sebagai Widyaiswara.

Untuk lengkapnya formasi yang tersedia pada penerimaan CPNS Kementerian Sekretariat Negara Tahun Anggaran 2013 bisa diakses pada www.setneg.go.id .

Persyaratan umum yang harus dipenuhi bagi pelamar CPNS di Kementerian Sekretariat Negara di antara adalah berusia serendah-rendahnya 18 tahun, dan setinggi-tingginya 26 tahun (untuk lulusan DIII), 28 tahun (S1), dan 30 tahun (S2).

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar minimal 3,0. Sedang formasi jabatan Perencana Program dan Anggaran dengan kode jabatan 15, hanya diperuntukkan bagi pelamar dari putra/putri Papua, dengan ketentuan mereka yang salah satu orang tuanya asli Papua.

Bagi yang berminat mengisi formasi CPNS di Kementerian Sekretariat Negara, pelamar harus melakukan pengisian formulir pendaftaran secara online dari tanggal 17-26 September 2013 (hari terakhir sampai pukul 15.00 WIB). Selanjutnya, data account system, berupa user id dan password yang dipergunakan pelamar untuk dapat masuk ke Sistem Penerimaan CPNS Kementerian Sekretariat Negara, selama proses seleksi berlangsung.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi secara online, akan diumumkan melalui www.setneg.go.id pada 27 September 2013, dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas oleh Panitia pada 30 September-2 Oktober 2013.

Peserta yang dinyatakan memenuhi syarat verifikasi diharuskan mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang terdiri atas Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); Tes Intelegensi Umum (TIU); dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

Selain itu, peserta yang lulus TKI juga harus melalui Tes Kompetensi Bidang (TKB), yang terdiri atas: 1) Tes Tertulis Bahasa Inggris; dan 2) Tes Wawancara Substansi.


Source http://tinyurl.com/l2b6nvq

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar